Pilkada 2020, Ridwan Utamakan Keselamatan Warga

Politik  SELASA, 07 JULI 2020 , 20:45:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pilkada 2020, Ridwan Utamakan Keselamatan Warga

Ridwan Kamil/Ist

Keselamatan warga harus diutamakan dalam gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilangsungkan di tengah pandemik Covid-19.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam rapat dengar pendapat dengan Komite I DPD RI secara daring, Selasa (7/7).

Kami harus memastikan keselamatan warga, apalagi Jabar penduduknya terbesar se-Indonesia, jumlah pemilih tetap mencapai 33 juta,” ucap Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya khawatir karena sampai saat ini penularan Covid-19 masih terjadi.

Potensi sebaran Covid-19 pun harus ditekan selama Pilkada berlangsung. Salah satunya dengan membagi jadwal pemungutan suara.

Salah satu yang kendala adalah anggaran yang harus dikeluarkan karena dana APBD kami dialokasikan untuk Covid-19,” ungkapnya dilansir Kantor Berita RMOLJabar.

Adapun delapan daerah di Jabar akan menggelar Pilkada pada 2020, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Menurutnya, pembagian jadwal pemungutan suara dapat menjadi solusi ketimbang harus menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu pun dapat mengurangi beban anggaran Pilkada. Apalagi, 63 persen warga Jabar terdampak Covid-19 dan membutuhkan bantuan.

Sekarang 63 persen warga Jabar harus dibantu, maka sebagai pemimpin saya putuskan semua proyek berhenti. Kami fokus memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan,” tandasnya. [dod]

Komentar Pembaca