KAI Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh, Berikut Syaratnya

Bisnis  RABU, 08 JULI 2020 , 09:45:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

KAI Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh, Berikut Syaratnya

KA Argo Parahyangan/Net

Minat masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api (KA) terus mengalami peningkatan di tengah pandemik virus corona (Covid-19).

Untuk itu, mulai 10 Juli mendatang, PT. KAI akan menambah tiga Kereta Api Jarak Jauh untuk melayani masyarakat dari dan menuju DKI Jakarta serta ke berbagai rute lainnya.

KAI menambah layanan KA Jarak Jauh Komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujar Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8/7).

Adapun tiga KA tersebut adalah KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP), Bima (Gambir-Malang PP), dan Sembrani (Gambir-Surabaya Pasar Turi PP).

Untuk melihat jadwal keberangkatan dari stasiun, masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access. Begitu pun dengan pemesanan tiket dapat dipesan melalui KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya mulai H-7 keberangkatan.

KAI pun mengimbau masyarakat untuk melakukan pemesanan di KAI Access agar mendapatkan kemudahan ekstra seperti fitur e-boarding pass, reduksi online, reschedule online, dan cancellation online.

"Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 9 Tahun 2020. Berkas-berkas tersebut harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding," sambung Norhadi.

Selain itu para penumpang juga diwajibkan menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 hari sejak diterbitkan pada saat keberangkatan

"Serta menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca