Pesepeda Meningkat Di Ibukota, Anies Uji Coba Bike Sharing

Megapolitan  KAMIS, 09 JULI 2020 , 11:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pesepeda Meningkat Di Ibukota,  Anies Uji Coba Bike Sharing

Bike sharing/Net

Penggunaan sepeda di Jakarta mengalami peningkatan seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Merespon hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat terobosan dengan meluncurkan bike sharing yang bisa dipergunakan masyarakat.

"Dari hasil pantauan kami di beberapa titik yang itu menjadi akhir daripada pergerakan orang dengan angkutan umum massal, seperti contoh di Bundaran HI. Ini pergerakan warga yang menggunakan bike sharing-nya cukup tinggi. Jadi, nanti kami akan evaluasi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (9/7).

Dalam masa uji coba ini, Pemprov DKI menyebar 200 sepeda di 9 titik di Jakarta. Di antaranya 3 titik di kawasan Bundaran HI, Dukuh Atas, Balai Kota, dan Jalan Abdul Muis.

"Tentu dari hasil uji coba ini, kita akan evaluasi dan dari hasil evaluasi menentukan berapa banyak yang nanti akan didistribusi," lanjut Syafrin

Adapun 200 sepeda ditempatkan di 9 titik di Jakarta, diantaranya Stasiun MRT Bundaran HI, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur, Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat.

Selanjutnya depan Gedung Sinar Mas, Halte Bus Balaikota Sisi Selatan, Stasiun Tanah Abang, Walikota Jakarta Pusat / Museum Prasasti, Gedung Dinas Teknis Abdul Muis dan Gedung Dinas Teknis Jatibaru.

Program bike sharing mulai beroperasi pada 3 Juli lalu. Biaya sewa bike sharing ini sebesar Rp 3.000 per 15 menit. Untuk menggunakan bike sharing, bisa mengikuti langkah berikut:

1. Unduh aplikasi GOWES di smartphone Anda

2. Setelah berhasil login, segera top up saldo GOWES pada aplikasi untuk membuka gembok sepeda

3. Scan/pindai QR Code pada unit GOWES untuk membuka gembok dan mulai berkendara

4. Setelah selesai berkendara, parkirkan sepeda di zona parkir GOWES yang tersedia, lalu kunci gembok secara manual. Jangan lupa untuk scan QR Code di tempat parkir sepeda GOWES untuk mengakhiri perjalanan.[dod]

Komentar Pembaca