Perlawanan Warga Mahkota Cimanggis Dikabulkan PN Depok

Hukum  KAMIS, 09 JULI 2020 , 14:11:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Perlawanan Warga Mahkota Cimanggis Dikabulkan PN Depok

Sidang sengketa di PN Depok/Ist

Usaha tak kenal lelah dan terus berupaya menuntut keadilan yang dilakukan warga Perumahan Mahkota Cimanggis akhirnya mulai menuai hasil menggembirakan.

Pasalnya, sidang perkara Nomor 164/PDT.PLW/2019/PN.DPK, yang dilaksanakan pada Rabu kemarin (8/7), dengan agenda putusan, pada pokoknya Mengabulkan” perlawanan yang diajukan oleh warga Perumahan Mahkota Cimanggis, Kota Depok Jawa Barat.

Pembacaan putusan tersebut dipimpin langsung Hakim Ketua Forci Nipa Darma dengan duduk sebagai anggota majelis hakim Nanang Herjunanto dan Nugraha Medica Prakasa.

Perlawanan yang diajukan warga perumahan tersebut berawal dari penetapan sita eksekusi Pengadilan Negeri Depok Nomor: 14/Pen.Pdt/Sita.Eks/2018/PN.Dpk Tanggal 17 Mei 2019, atas 31 bidang tanah dan bangunan yang telah dibeli warga dari developer PT Duta Tunas Mandiri yang merupakan group usaha dari Takke Group milik pengusaha Lauren Takke.

Mengutip dari pertimbangan di dalam putusan yang dibacakan hakim, sita yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Depok karena adanya permohonan dari pemilik tanah sebelumnya, yaitu Bambang Slamet Riyadi, Setiawan, Dudit Dharmawan, dan M Arif Rachman yang meminta kepada developer untuk menyerahkan PPN dari penjualan atas tanah dan bangunan Perumahan Mahkota Cimanggis.

Sementara fakta yang terungkap di persidangan, pihak developer telah menyelesaikan PPN tersebut langsung ke Dirjen Pajak.

Dalam sidang tersebut, warga Perumahan Mahkota Cimanggis diwakili oleh kuasa hukumnya Erik Graha Padapotan dan Arlis Budi Wibowo dari Kantor Hukum WINN Attorney at Law.

Sedangkan, dari pihak terlawan dalam hal ini Bambang Slamet Riyadi beserta terlawan yang lain tidak tampak hadir di persidangan.

Hermawan Tjakradiwira, salah seorang warga Perumahan Mahkota Cimanggis mengaku bersyukur atas putusan majelis hakim yang mengabulkan perlawanan mereka.

Alhamdulillah proses persidangan yang berlangsung kurang lebih satu tahun ini membuahkan hasil yang baik buat warga,” kata Hermawan.[dod]

Komentar Pembaca