Sempat Terbengkalai, Begini Kondisi Teranyar Balkot Farm

Megapolitan  SENIN, 13 JULI 2020 , 19:08:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Sempat Terbengkalai, Begini Kondisi Teranyar Balkot Farm

Balkot Farm/RMOL

Di tengah minimnya lahan untuk bercocok tanam, urban farming hadir sebagai solusi pertanian perkotaan. Dengan menggunakan media tanam yang berbeda dari konsep pertanian konvensional, kegiatan ini semakin digemari masyarakat.

Bahkan banyak lembaga pemerintahan dan perusahaan yang mulai melirik kegiatan urban farming tersebut. Salah satunya yang diterapkan di Balaikota DKI Jakarta.

Taman yang terletak di dekat Balai Wartawan tersebut diberi nama Balkot Farm.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, perawatan di Balkot Farm relatif berkurang akibat adanya pandemik virus corona baru alias Covid-19.

"Perawatan Balkot Farm selama ini mengandalkan warga masyarakat yang merupakan para penggiat urban farming di Jakarta. Namun, mereka mengurangi aktivitasnya di Balkot Farm karena kondisi pandemi ini," ujar Mujiati, Senin (13/7).

Namun seiring berjalannya waktu, Mujiati menjelaskan, para penggiat urban farming telah kembali terpanggil untuk menata dan merawat miniatur pertanian perkotaan yang memanfaatkan ruang di areal perkantoran Balaikota dalam dua minggu terakhir ini.

"Para penggiat urban farming ini berasal dari berbagai wilayah di Jakarta, mereka saling bahu-membahu dan bergotong-royong mulai membersihkan, menata, serta merawat kembali Balkot Farm," ujar Mujiati.



Untuk kenyamanan, di area Balkot Farm turut disediakan bangku taman dan saung yang dapat dipergunakan untuk duduk maupun bersantai.

Diketahui, Balkot Farm terbentuk atas inisiasi dan kolaborasi dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dinas KPKP memberikan pendampingan teknis kepada penggiat urban farming yang terlibat.

Balkot Farm juga melibatkan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta membuat dan menyebarluaskan informasi dan pengembangan teknologi Internet of Thing (IoT).

Sedangkan Biro Umum Setdaprov DKI Jakarta dalam penyediaan lahan, dan PT Bank DKI membantu dalam pendanaan pengembangan sarana di area Balkot Farm melalui program corporate sosial responsibility (CSR).[dod]

Komentar Pembaca