DPR Pastikan Pembahasan RUU HIP Tidak Akan Diteruskan

Politik  KAMIS, 16 JULI 2020 , 20:42:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

DPR Pastikan Pembahasan RUU HIP Tidak Akan Diteruskan

Ketua DPR RI Puan Maharani/Net

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memastikan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) tidak akan dibahas lebih lanjut setelah pemerintah menyodorkan draf RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan, sesuai dengan mekanisme yang ada, RUU HIP tidak akan diteruskan lantaran pemerintah melalui enam menterinya sudah datang ke DPR menyerahkan draf baru yakni RUU BPIP.

Karena sudah ada konsep RUU baru dari pemerintah, yang mana mengatakan bahwa, mempunyai perbedaan yang sangat besar antara HIP dan BPIP," ujar Puan usai menutup rapat paripurna di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7).

"Bahwa isi, bab dan pasal-pasal saja sudah beda,” tegas Ketua DPP PDI Perjuangan ini.

Puan menjelaskan, perihal DPR akan membahas fungsi dan peran BPIP dan tidak akan membahas hal lain kembali di luar hal tersebut lantaran mengundang polemik di tengah masyarakat.

Apa yang menjadi usulan pemerintah terkait BPIP, hanya terkait dengan tugas, wewenang, fungsi dan bagaimana pembinaan ideologi Pancasila itu, tanpa membicarakan hal lainnya yang kemarin sempat sensitif,” tandasnya. []

Komentar Pembaca