Di Pasar Tebet, Ariza Kampanyekan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Megapolitan  JUM'AT, 17 JULI 2020 , 19:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Di Pasar Tebet, Ariza Kampanyekan  Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Ahmad Riza Patria di Pasar Tebet/Ist

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, hingga pasar rakyat sejak tanggal 1 Juli lalu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza siang tadi mendatangi Pasar Tebet Timur yang berada di Jakarta Selatan untuk ikut mengkampanyekan penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL)

Menurut Ariza, sampah yang dihasilkan di Jakarta tidak kurang dari 7.800 ton per hari. Sampah-sampah tersebut pun selanjutnya dibuang ke Bantar Gebang dan diprediksi akan penuh sampai 2021.

"Sehingga, kampanye ini menjadi penting untuk mengurangi sampah, menjaga lingkungan, karena tidak kurang dari 14 persen dari sampah warga tiap hari berasal dari kantong plastik,” ujar Ariza, Jumat (17/7).

Selain mengurangi sampah plastik, Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan berbagai upaya lainnya untuk perbaikan lingkungan. Diantaranya pengelolaan sampah berbasis ramah lingkungan yang akan dikembangkan melalui sarana kompos

"Lalu pengambilan dan pemanfaatan gas metane serta gas energi baru, terbarukan, pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan pengelolaan sampah berbasis bisnis," sambungnya.

Untuk diketahui, pelarangan penggunaan kantong plastik tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 142/ 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.[dod]

Komentar Pembaca