IKAPPI: Pelarangan Kantong Plastik Di DKI Belum Efektif

Megapolitan  JUM'AT, 17 JULI 2020 , 20:33:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

IKAPPI: Pelarangan Kantong Plastik Di DKI Belum Efektif

Ilustrasi/Net

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, hingga pasar rakyat sejak tanggal 1 Juli lalu.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau IKAPPI menyatakan, kebijakan tersebut masih belum berjalan efektif. Pasalnya, sampai hari ini belum ada solusi dari pemerintah terkait pengganti alternatif kantong plastik.

"Kebijakan ini terlalu dini diberlakukan di pasar tradisional, karena sosialisasi dan edukasi masih sangat minim," ujar Ketua Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial DPP IKAPPI Widyanto Kurniawan, Jumat (17/7).

Widyanto menerangkan, dahulu pengemasan masih menggunakan daun kemudian beralih ke plastik. Karena plastik menjadi solusi alternatif karena harga lebih murah dan tidak mudah bocor.

Alternatif inilah yang kemudian didorong IKAPPI agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama-sama mencari langkah alternatif untuk mengganti penggunaan kantong plastik.

IKAPPI juga sedang menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mengurangi beban ekonomi pedagang, jika kantong plastik dihentikan di pasar tradisional.

"Karena itu penggunaan kantong plastik masih dirasakan penting karena memang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum menemukan solusi penggantinya," tegasnya. [dod]

Komentar Pembaca