Penumpang KRL Bakal Diwajibkan Pakai Baju Lengan Panjang

Megapolitan  SENIN, 20 JULI 2020 , 12:55:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Penumpang KRL Bakal Diwajibkan Pakai Baju Lengan Panjang

Antrean penumpang KRL/Ist

Kewajiban penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menggunakan pakaian lengan panjang belum diberlakukan pekan ini.

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan, aturan tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

"Aturan penggunaan pakaian lengan panjang atau jaket ini masa sosialisasinya masih diperpanjang dengan mempertimbangkan para pengguna KRL masih memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan aturan ini," ujar Anne saat dikonfirmasi, Senin (20/7).

Kewajiban penumpang KRL menggunakan lengan panjang tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 14/2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Dalam aturan tersebut, penerapan protokol kesehatan salah satunya menggunakan pakaian lengan panjang yang akan diwajibkan bagi penumpang KRL.

Sedangkan untuk penggunaan alat pelindung diri seperti penggunaan masker sudah menjadi kewajiban bagi pengguna KRL. Begitu juga protokol kesehatan lainnya seperti pengecekan suhu sebelum menggunakan transportasi KRL.

"Jadi nanti berdasarkan evaluasi, kalau misalnya lengan panjang ini sudah fix, sudah menjadi aturan di dalam Covid ini, akan diberlakukan sama seperti menggunakan masker," pungkas Anne.[dod]

Komentar Pembaca