Tiga Raperda Soal Tata Ruang Segera Digarap DPRD DKI

Megapolitan  SELASA, 21 JULI 2020 , 10:37:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tiga Raperda Soal Tata Ruang Segera Digarap DPRD DKI

Dedi Supriadi/Ist

RMOLJa Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta telah menyiapkan agenda pembahasan terkait tata ruang dan zonasi.

Ada tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait tata ruang yang akan segera masuk pembahasan di DPRD DKI Jakarta.

Diantaranya Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2030 serta Raperda Perubahan atas Perda No. 1/2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR dan Zonasi).

Ketiga Raperda tersebut saling terkait dan kami upayakan dibahas secara bersamaan,ā€¯bungkap Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi kepada Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (21/7).

Dedi menjelaskan, dari tiga Raperda tersebut, dua diantaranya sudah ada surat Gubernur ke DPRD untuk memulai pembahasan, yaitu Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil serta Raperda RDTR dan Peraturan Zonasi. Sedangkan Raperda RTRW 2030 proses penyusunannya ada di Bappeda DKI Jakarta.

"Ketiga Raperda tersebut pada dasarnya adalah tentang pengaturan tata rung kota Jakarta yang mencerminkan visi maju kotanya-bahagia warganya," kata Dedi mengakhiri.

Adapun terkait Raperda RDTR salah satunya memuat tentang perluasan kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya sejumlah pihak menilai perluasan kawasan rekreasi Dufan dan Taman Impian Ancol Timur seluas masing-masing sekitar 35 hektare dan 120 hektare yang tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta 237/2020 itu cacat hukum lantaran tidak menyertakan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).[dod]

Komentar Pembaca