Suplai Kebutuhan Energi Warga Jakarta, Ini Saran Anies Untuk PLN

Megapolitan  KAMIS, 23 JULI 2020 , 10:49:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Suplai Kebutuhan Energi Warga Jakarta, Ini Saran Anies Untuk PLN

Anies Baswedan/Ist

Konsumsi listrik di Jabodetabek, khususnya Jakarta memang luar biasa dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Untuk itu diperlukan sebuah terobosan dalam menyediakan energi bagi masyarakat.

Demikian yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat rapat bersama jajaran dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Balaikota DKI beberapa waktu lalu.

"Ada sejumlah gagasan yakni pemanfaatan atap rumah untuk persewaan panel. Jadi pihak ketiga yang memasang panel. Tapi rumah tangga yang menyewakan atapnya," ujar Anies seperti dikutip melalui video yang diunggah lewat Channel YouTube Pemprov DKI, Kamis (23/7).

"Sebab kalau rumah tangga yang menyiapkan solar. Maka belum tentu semua mampu," sambungnya.

Anies melanjutkan, selama penerapan work from home (WFH), konsumsi tehadap pulsa internet dan listrik melonjak tajam.

Kendati begitu pemerintah telah mensiasati dengan memberikan bantuan berupa keringanan kepada rumah tangga yang menggunakan daya listrik sebesar 400 Kwh hingga 900 Kwh.

Namun Anies menyatakan, rumah susun di Jakarta yang mendapat subsidi dari pemerintah sejak awal memiliki daya listrik 1.300. Hal inilah yang menurut Anies manjadi tantangan agar PLN memikirkan opsi untuk memenuhi kebutuhan warga yang hidup dari subsidi.

"Jadi kalau kita mau mengamankan kota ini, yang pertama penuhi kebutuhan pangannya, yang kedua mau tidak mau kebutuhan energi. Nanti kita pikirkan bagaimana agar implikasi di masyarakat ini baik," tutip Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104