Soal Pembangunan Depo MRT Fase II, Ini Saran Wahyu Dewanto

Megapolitan  JUM'AT, 24 JULI 2020 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Soal Pembangunan Depo MRT Fase II, Ini Saran Wahyu Dewanto

Wahyu Dewanto/Ist

PT MRT Jakarta berencana membangun Depo MRT fase II yang berada kawasan Ancol Barat, Jakarta Utara.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta juga berencana memperluas kawasan rekreasi Dufan dan Taman Impian Ancol Timur serta sedang membangun Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau BMW di Jakarta Utara.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Wahyu Dewanto menyarankan agar pembangunan Depo MRT nantinya dapat pula mengakomodir akses dua proyek Pemprov DKI tersebut.

"Dengan demikian kami harapkan MRT bisa menjadi "backbone" moda transportasi andalan yang mampu menunjang kebutuhan warga Jakarta khususnya," ujar Wahyu melalui instagram pribadinya, Jumat (24/7).

Wahyu juga meminta manajemen PT MRT Jakarta dapat berpikir out of the box dengan membuat Depo MRT fase 2 ini di bawah tanah atau menambah kapasitas depo yang ada di Lebak Bulus dengan cara meningkat atau cara lainnya.

Selain itu, politisi Partai Gerindra ini juga membuat catatan penting yang ditujukan kepada jajaran Pemprov DKI khususnya PT MRT Jakarta agar memperhatikan aspek hukum dalam melaksanakan pembebasan lahan

"Jangan sampai ada dampak hukum terkait penguasaan/ pembebasan lahan untuk rencana Depo MRT di Ancol barat," tegas Wahyu.

Sejauh ini pembebasan lahan tersebut mengalami kendala lantaran sebagian lahan masih dikuasai PT Asahimas Flat Glass Tbk sebagai pihak ketiga.

Adapun luas lahan Ancol Barat seluas 43 hektare itu juga memiliki 10 sertifikat HGB. Tujuh diantaranya dimiliki Asahimas dan tiga dimiliki oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Untuk diketahui seluas 40 hektare lahan dikuasai Asahimas, sementara 3 hektare sisanya dikuasai Jakpro.[dod]

Komentar Pembaca