KPJ Protes Pengurus PMI DKI Didominasi Birokrat Dan Politisi

Megapolitan  MINGGU, 26 JULI 2020 , 07:20:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

KPJ Protes Pengurus PMI DKI Didominasi Birokrat Dan Politisi

Rustam Effendi/Net

Koalisi Peduli Jakarta (KPJ) mengapresiasi atas terpilihnya Rustam Effendi sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia DKI Jakarta secara aklamasi di Musyawarah Daerah PMI DKI Jakarta,

Rustam Effendi yang juga Walikota Jakarta Barat terpilih menjadi Ketua PMI DKI Jakarta periode tahun 2020-2025.

Musdaprov DKI digelar Rabu (15/7) dihadiri Ketua Umum PMI Pusat M. Jusuf Kalla (JK) dan para Walikota di DKI Jakarta.

Ketua KPJ Amos Hutauruk mengatakan, PMI merupakan organisasi yang penuh tantangan dan berjiwa ksatria menjalankan tugasnya dalam situasi bencana apapun yang melanda Indonesia.

Misalnya, di awal pandemi Covid-19 melanda negeri ini pada awal Maret 2020, Jakarta sebagai ibukota lebih dulu mengumumkan situasinya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung membuat kebijakan PSBB dan melakukan protokol kesehatan.

Saat itu, tim relawan dari PMI Jakarta Pusat dan wilayah lainnya langsung bergerak melaksanakan tugas tersebut. Alhasil upaya mereka dapat menekan penyebaran Covid-19 di Jakarta.

"Karena para relawan PMI biasanya dari kalangan aktivis kemanusiaan yang sudah banyak makan asam garam melalui banyak sekali tugas kemanusiaan," kata Amos melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/7).

Namun sayangnya, yang terjadi di struktur calon anggota PMI DKI Jakarta justru didominasi birokrat dan politisi.

Menurut Amos, di tengah masa pandemi, Anies harusnya lebih mendahulukan para relawan PMI yang telah bekerja keras membantunya menekan penyebaran virus Covid-19, bukan malah mendahulukan para birokrat dan politikus mengisi kepengurusan.

"Sudah sepatutnya para relawan kemanusiaan mendapatkan posisi di hati Pak Gubernur, yang tulus bekerja keras bersama sama dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 ini," saran Amos.

Karenanya Amos memohon kerendahan hati Anies Baswedan untuk menginstruksikan kepada Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi agar dapat menambahkan nama-nama yang mengakomodir aktivis relawan kemanusiaan, agar semangat juang yang sudah dilakukan tidak padam.

"Harapan dan cita-cita kita semua sebagai warga DKI Jakarta, dapat segera keluar dari cengkraman Covid-19 ini, kembali hidup normal seperti sediakala," pungkas Amos.[dod]

Komentar Pembaca