Ini Tanggapan Pemprov DKI Soal Pandangan Umum Fraksi Terhadap APBD DKI

Megapolitan  SENIN, 27 JULI 2020 , 20:19:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ini Tanggapan Pemprov DKI Soal  Pandangan Umum Fraksi Terhadap APBD DKI

Ahmad Riza Patria/RMOL

Rapat paripurna yang beragendakan penyampaian pemandangan fraksi-fraksi DPRD DKI Jakarta terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019 baru saja usai.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza yang mewakili Gubernur DKI Anies Baswedan, mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan DPRD terhadap perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Eksekutif mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dewan yang terhormat, atas saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan," ujar Ariza, Senin (27/7).

Menurut Ariza, semua pertanyaan, saran dan catatan penting yang disampaikan oleh Anggota Dewan merupakan wujud tanggung jawab bersama, dalam upaya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dalam mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

"Eksekutif berupaya menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi secara lengkap dan menyeluruh. Hal-hal yang bersifat teknis kiranya dapat dibahas pada rapat kerja komisi bersama eksekutif," kata Ariza.

Dijelaskan Ariza bahwa realisasi pendapatan pajak daerah tahun 2019 sebesar Rp.40,29 triliun atau 90,48% dari rencana penerimaan sebesar Rp.44,54 triliun. Realisasi tersebut meningkat sebesar 7,35% dari realisasi tahun 2018 sebesar Rp.37,53 triliun.

Sedangkan retribusi daerah yang terealisasi sebesar 82,71%. Terkait realisasi pendapatan daerah, Pemprov DKI Jakarta akan terus melakukan peningkatan pengelolaan pendapatan daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Pemprov DKI Jakarta sebagai eksekutif juga menanggapi atas berbagai pertanyaan, saran, evaluasi dan catatan penting dari fraksi-fraksi.

Khususnya yang berkaitan dengan kebijakan, program, kegiatan, maupun upaya-upaya di berbagai bidang telah ditempuh oleh Pemprov DKI Jakarta dalam membangun kota Jakarta yang adil, maju dan bahagia.

"Jajaran eksekutif mengucapkan terima kasih atas pertanyaan, saran dan catatan penting yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD DKI Jakarta, terhadap materi Raperda tentang P2APBD DKI Jakarta 2019," tandas Ariza.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

Terpeleset, Pesepeda Tewas Di Bendungan Tiu

RABU, 29 JULI 2020 , 10:05:00

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

Gedung DPRD DKI Disemprot Disinfektan

RABU, 29 JULI 2020 , 13:29:00