Bupati Pati Temukan Klaster Baru Di Pondok Pesantren

Politik  RABU, 05 AGUSTUS 2020 , 07:31:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bupati Pati Temukan Klaster Baru Di Pondok Pesantren

Bupati Haryanto/Net

Bupati Pati Haryanto membenarkan bahwa saat ini ada klaster baru di pondok pesantren (ponpes) yang berada di Bumi Mina Tani.

Hal ini menyusul sembilan santri dari salah satu ponpes di Kajen Pati terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jadi benar, memang setelah dilakukan tes swab, ada sembilan penghuni ponpes yang positif Covid-19," kata Haryanto, Selasa (4/8).

Bupati Pati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati itu menerangkan, sembilan penghuni ponpes ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka diwajibkan menjalani karantina di Hotel Kencana.

Bupati Pati saat ini juga berencana untuk menggelar tes swab bagi penghuni ponpes. Total santri di ponpes itu ada 105 orang.

"Kalau yang positif ada sembilan, maka sisanya tentu kami swab secara bertahap sehingga secepatnya hasil swab seluruh penghuni dapat kita ketahui," ujar Haryanto dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Haryanto juga meminta semua pihak, khususnya kalangan pengasuh pondok dan wali santri untuk bijak menyikapi hal ini.

Sementara itu, Forum Komunikasi Pengasuh Pondok Pesantren se-Kajen dan Sekitarnya (FKPPK) memperpanjang masa penutupan akses pesantren.

Maklumat yang ketiga kalinya ini, sebagai respon menyusul adanya sembilan santri yang terpapar Covid-19 di salah satu pesantren.

Ketua Satgas Jogo Santri FKPPK, Itqonul Hakim menegaskan, terus mengintensifkan pemantauan dan patroli di lingkungan pesantren.

Di Kajen tercatat ada sebanyak 70-an pondok pesantren baik putra maupun putri dengan jumlah kumulatif 20.000-an santri. Sedangkan untuk madrasah/SMK sebanyak 12 lembaga.

"Siang dan malam kami selalu keliling untuk memastikan tidak ada aktivitas keluar dan masuk seluruh pesantren, kecuali untuk urusan logistik dan kesehatan. Sekaligus memastikan penerapan protokol ekesehatan yang ketat," kata Hakim. [dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104