Menteri KP Edhy Prabowo Resmi Sandang Gelar Doktor

Politik  RABU, 05 AGUSTUS 2020 , 13:32:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Menteri KP Edhy Prabowo Resmi Sandang Gelar Doktor

Edhy Prabowo/Ist

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, resmi menyandang gelar Doktor pada Rabu (5/8).

Edhy menjadi salah satu wisudawan dalam prosesi wisuda gelombang III dan IV tahun akademik 2019-2020 di Universitas Padjadjaran. Proses wisuda sendiri berlangsung di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung.

Saat ditunjuk untuk membacakan testimoni, Edhy menyebut prosesi wisuda kali ini sangat istimewa sebab pelaksanaannya di bulan Agustus sebagai bulan perjuangan dan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga dilaksanakan dalam adaptasi kebiasaan baru.

"Alhamdulillah, menjadi wisudawan Universitas Padjadjaran adalah sesuatu yang sangat membanggakan untuk kami," ujar Edhy.

Tidak sekadar membanggakan, Edhy melanjutkan wisudawan harus punya kontribusi dalam mengentaskan persoalan di tengah masyarakat sesuai pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Usai menyandang gelar Doktor, Edhy berkomitmen untuk mengedepankan kajian ilmiah saat mengambil keputusan, khususnya dalam perannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Prosesi wisuda dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Padjadjaran Profesor Rina Indiastuti.

Dalam pidatonya Prof. Rina menjelaskan prosesi wisuda kali ini dilaksakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Kali ini wisuda dilakukan dengan kombinasi daring, yang dihadiri langsung sebagian kecil pimpinan universitas dan wisudawan," jelasnya.

Dalam wisuda kali ini dibagi dalam dua gelombang dengan total peserta sebanyak 2.702 orang. Terdiri dari lulusan program doktor, magister, spesialis, profesi, sarjana, dan sarjana terapan.

Untuk Informasi, Edhy meraih gelar Doktor bidang Ilmu Komunikasi setelah melewati sidang disertasi berjudul "Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik" dengan studi kasus pada Pemilihan Caleg 2014-2019 Dapil I Sumatera Selatan.

Dalam sidang yang berlangsung 11 Maret 2020 itu, Menteri Edhy lulus dengan pujian alias cumlaude.[dod]

Komentar Pembaca