Di Blora, Angka Ibu Hamil Selama Pandemi Corona Melonjak Tajam

Megapolitan  SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 06:05:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Di Blora, Angka Ibu Hamil Selama Pandemi Corona Melonjak Tajam

Ilustrasi/Net

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Blora, mencatat ada lonjakan kehamilan sepanjang masa bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) karena pandemi virus corona (Covid-19). Angka kehamilan ibu muda di bulan Juni mencapai 4.980.

Jumlah ini tergolong tinggi dibanding bulan sebelum pandemi virus Corona terjadi.

Di masa pandemi ini, di bulan Juni saja mencapai 4.980. Rata-rata mereka ini adalah pasangan muda,” kata Kepala Dinas DPPKB Blora, Nur Hidayat, Jumat (7/8).

Dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Nur Hidayat menjelaskan, jumlah kenaikan ibu hamil sudah terjadi sejak awal merebaknya virus corona.

Hal ini disebabkan berkurangnya aktivitas di luar rumah sehingga banyak pasangan yang menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga.

"Kenaikan itu sudah mulai terjadi sejak Maret, April hingga Mei. Kurvanya terus meningkat hingga bulan Juni ini. kemungkinan karena selama pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan dirumah, dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” ungkap Nur.

Kabid KB dan Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Kabupaten BloraTeguh Siswanto menambahkan, dalam setahun, angka kehamilan di Blora mencapai 12 sampai 15 ribu.

Angka kehamilan tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan seiring berjalannya pandemi Covid-19.

"Bisa saja nanti sampai akhir tahun terus bertambah. Laporannya setiap bulan berubah. Tapi kalau pandemi ini berlangsung lama, mungkin saja angkanya lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya," pungkas Teguh.[dod]  

Komentar Pembaca