Tahun Ini, Warga Tak Bisa Nikmati Lomba Panjat Pinang

Megapolitan  MINGGU, 09 AGUSTUS 2020 , 07:37:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Tahun Ini, Warga Tak Bisa Nikmati Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang kolosal/Net

Lazimnya perayaan Hari Kemerdekaan RI, beragam acara perlombaan digelar. Mulai dari tingkat RT hingga nasional memiliki cara masing-masing untuk memperingati hari besar negara ini.

Aneka macam lomba pun digelar dari desa-desa sampai kota besar. Salah satunya yaitu lomba panjat pinang.

Lomba panjat pinang merupakan salah satu perlombaan paling ikonik yang dilaksanakan pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia.

Namun tahun ini, Pemprov DKI Jakarta akan membatasi jenis perlombaan yang akan digelar.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, aturan soal perlombaan Agustusan tersebut kemungkinan bakal diterbitkan sebelum tanggal 17 Agustus 2020.

"Tentu kami akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan, mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an mungkin ada kebijakan yang kami keluarkan," kata Arifin saat dihubungi, Sabtu (8/8).

Kata Arifin, ada kegiatan yang tak diperbolehkan karena mempertimbangkan adanya kerumunan sehingga dikhawatirkan terjadi banyaknya kontak fisik.

Salah satu perlombaan yang mungkin dilarang yakni panjat pinang. Mengingat, perlombaan itu dilakukan berkelompok dan dipastikan terjadi kontak fisik.

"Kalau panjat pinang agak sulit juga ya. Masker susah kami pasang, orang memanjat beramai-ramai, juga saling bersentuhan," ucap Arifin.

"Jadi sebaiknya, saran saya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan panjat pinang," sambungnya.

Namun, jika terdapat jenis lomba yang dipandang dari aspek kesehatan minim potensi penularan serta tidak membahayakan, maka lomba tersebut akan diizinkan.[dod]

Komentar Pembaca