Ekonomi Jakarta Minus 8,4 Persen, Siap-siap Gelombang PHK

Megapolitan  SELASA, 11 AGUSTUS 2020 , 15:43:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ekonomi Jakarta Minus 8,4 Persen, Siap-siap Gelombang PHK

Ilustrasi/Net

Pertumbuhan ekonomi khususnya di Jakarta mengalami kontraksi yang cukup tajam. Hal ini dikarenakan ibukota memiliki kasus virus corona baru (Covid-19) yang sangat tinggi sehingga laju perekonomian melambat.

Diketahui pertumbuhan ekonomi Jakarta terjun bebas di angka minus 8,4 persen. Sebagai barometer ekonomi nasional, maka tentu saja pengaruhnya terhadap perekonomian nasional jadi sangat signifikan.

Menanggapi hal tersebut, pengamat ekonomi dari Institute For Development of Economic and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, hal ini sangat mengkhawatirkan karena bisa jadi indikasi gelombang PHK dalam beberapa bulan ke depan.

"Dari sektor usaha kantor pusatnya kebanyakan di Jakarta, maka ketika Jakarta turun cukup dalam maka akan berpengaruh terhadap rekruitmen tenaga kerja," ungkapnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (11/8).

Selain itu, menurut Bhima, penurunan yang cukup tajam yang dialami Jakarta sudah bisa dijadikan indikator resesi ekonomi di kuartal ke III.

Untuk itu, Bhima menyarankan agar Pemprov DKI Jakarta segera melakukan action tanpa harus menunggu Pemerintah pusat yang cenderung lambat.

Menurut Bhima, yang harus dilakukan Pemerintah Daerah pertama adalah memastikan penanganan Covid-19 optimalkan.

"Karena tanpa itu dilakukan dengan baik masyarakat akan takut berbelanja dan datang ke pusat-pusat perbelanjaan. Walaupun sudah dilonggarkan," jelasnya.

Selanjutnya yang tak kalah penting, lanjut Bhima, Pemprov DKI harus memaksimalkan bantuan sosial dan mendorong daya beli masyarakat agar konsumsi rumah tangga segera pulih.

"Seluruh sumber daya khususnya APBD DKI digunakan seoptimal mungkin untuk bansos karena kita sudah sangat kritis. Gak bisa kita berharap dari pusat," pungkas Bhima.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00