Bumikan Pancasila, Mahasiswa Harus Jadi Pengawal Ideologi Bangsa

Politik  KAMIS, 13 AGUSTUS 2020 , 12:34:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Bumikan Pancasila, Mahasiswa Harus Jadi Pengawal Ideologi Bangsa

Webinar Leaders' Speech Nasionalism”/Ist

Implementasi Pancasila sebagai dasar negara di tengah pandemik Covid-19 seharusnya dapat menjadi arah para pemuda, khususnya mahasiswa dalam melakukan kolaboratif untuk mencari solusi

Demikian yang disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Imanuel Cahyadi, dalam kegiatan webinar Leaders' Speech Nasionalism” yang diadakan oleh IPB University.

Diskusi ini dibuka Rektor IPB, Arif Satria yang memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut membantu sehingga acara webinar ini dapat terselenggara dengan baik.

Hadir sebagai pemateri Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP-RI) Yudian Wahyudi dan dua pembicara tamu, Najih Prasetyo selalu Ketua Umum DPP IMM dan I Kadek Andre Nuaba sebagai Ketua Umum PP KMHDI.

Saat ini belum banyak organisasi mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (PIB) di kampus-kampus. Setelah didalami kendalanya adalah masalah birokratis," kata Cahyadi seperti dikutip redaksi, Kamis (13/8)

"Kami berusaha untuk terus mendorong agar pendirian ini bisa dipercepat dengan membuat narasi bersama. Harapannya PIB bisa menjadi mercusuar pancasila untuk berkembang di kampus-kampus," sambungnya.

Kegiatan webinar bertujuan untuk mengajak mahasiswa menyadari arti penting pancasila dalam wujud sikap dan kepribadian yang toleran terhadap perbedaan.

Selain itu, kegiatan ini juga ingin mendorong mahasiswa dapat kritis terhadap isu-isu yang dihadapi negara sehingga tergerak dalam mewujudkan Indonesia maju.[dod]

Komentar Pembaca