Terbukti Sebar Hoaks, Ariza Pilih Maafkan Ferdinand Hutahaean Daripada Proses Hukum

Megapolitan  KAMIS, 13 AGUSTUS 2020 , 16:19:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Terbukti Sebar Hoaks, Ariza Pilih Maafkan Ferdinand Hutahaean Daripada Proses Hukum

Ferdinand Hutahaean/Net

Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kembali berulah dengan menyebarkan informasi yang tidak benar alias hoaks lewat postingannya di Twitter, soal Jakarta sebagai zona hitam penyebaran Corona

Dalam gambar peta yang ditampilkan terdapat logo Badan Intelijen Negara (BIN) itu yang menggambarkan bahwa hampir semua wilayah di DKI Jakarta merupakan zona hitam penyebaran Covid-19.

Ferdinand kemudian mencuit informasi itu dengan narasi yang menyindir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Namun belakangan dirinya mengakui bahwa Informasi tentang zona hitam DKI yang sudah terlanjur beredar adalah hoaks..

"Jika sekarang BIN menyatakan itu hoax, kita akui kebenaran infonya. Dan twitnya saya hapus. Terimakasih," ujar Ferdinand di akun sosmednya @Ferdinandhaean3 seperti tanpa beban.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza mengatakan, pihaknya telah memaafkan penyebar hoaks 'Jakarta zona hitam' Corona.

"Kami memaafkan siapapun, sebelum ia melakukan (permintaan maaf) sudah kami maafkan, lalu siapapun memberikan masukan, kritik, dan saran secara konstruktif apapun, kami memahami dan menerimanya, yang penting mari kita bekerjasama agar Jakarta terbebas dari Covid-19," ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (13/8).

Politisi Partai Gerindra itu juga menyatakan Pemprov DKI tak akan mengambil langkah hukum terkait hoaks 'Jakarta zona hitam' Corona.

Ariza mengaku, Pemprov DKI lebih mendahulukan langkah persuasif.

"Ya sejauh ini, kita selalu mengambil langkah-langkah yang lebih persuasif, di mana komunikasi lebih satu arah, lebih mengutamakan penanganan Covid-19, dan belum ada rencana lapor kepolisian sejauh ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Ariza menjelaskan, saat ini masih ada 33 RW yang masuk zona merah dari total 2.741 RW yang ada di Jakarta. Menurutnya, Pemprov DKI terus melakukan berbagai upaya untuk membuat zona merah menjadi zona kuning hingga hijau.

"Kami terus melakukan berbagai upaya, untuk memastikan agar Jakarta segera memasuki zona kuning dan hijau di seluruhnya. Jadi sekali lagi di Jakarta ini masih terkendali, tapi sekali lagi harus waspada, harus hati-hati, terus melakukan protokol Covid-19 dengan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak)," pungkas Ariza.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00