Ramai Isu Resuffle, Kang Tamil: Ini Pola Tes Ombak Dan Penggiringan Opini

Politik  JUM'AT, 21 AGUSTUS 2020 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Ramai Isu Resuffle, Kang Tamil: Ini Pola Tes Ombak Dan Penggiringan Opini

Tamil Selvan/Ist

Publik ramai membahas informasi yang diterima Indonesia Police Watch (IPW) tentang beredarnya belasan nama menteri yang terkena reshuffle.

Ada nama Jenderal TNI Andika Perkasa yang digadang-gadang menjadi Panglima TNI, hingga Prabowo Subianto yang disinyalir mengisi posisi Menteri Pertanian.

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane menjelaskan, informasi yang diterimanya, setelah pergantian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak langsung pensiun dari pemerintahan, namun mengisi posisi Menteri Pertahanan.

Semula pasca digeser dari Panglima TNI, Hadi akan istirahat sebagai Dubes RI di Perancis, tapi Jokowi tetap memintanya di Tanah Air untuk masuk ke kabinet,” ujar Neta dalam keterangan tertulisnya, Kamis kemarin (20/8).

Menyikapi hal tersebut, pengamat politik nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil mengatakan bahwa ada upaya tes ombak dalam informasi resuffle yang tersebar di media online.

"Saya lihat ini ada upaya tes ombak, artinya mau melihat bagaimana tanggapan masyarakat dan para elit-elit terkait nama-nama yang digadang-gadang menempati posisi menteri baru. Ini hal biasa dalam riset politik terselubung," kata Kang Tamil kepada wartawan, Jumat (21/8).

Kang Tamil menilai, penyebaran isu resuffle kabinet ini telah terjadi dua kali selama Jokowi menjabat sebagai presiden periode 2019-2024.

"Kalau kita lihat ini sudah terjadi dua kali. Tes pertama dahulu, menuai reaksi high intention dari para elit-elit karena Indonesia baru memasuki fase pertama pandemi corona. Sehingga momennya tidak tepat. Nah dengan munculnya tes ombak kedua ini, saya kira istana memang serius melakukan resuffle," ungkap Kang Tamil.

Kang Tamil berpendapat pola-pola seperti ini digunakan untuk kepentingan kajian bagi presiden terkait nama-nama yang akan diganti maupun yang akan diusulkan.

Namun bisa saja hal ini menjadi mainan pihak ketiga yang mempunyai kepentingan lain terkait perombakan struktur kabinet Jokowi.

"Saya mensinyalir ada upaya pengiringan opini disini, agar istana tidak mengakomodir pihak di luar lingkaran pemerintahan. Salah satu yang menarik bagi saya yaitu tidak terlihatnya nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada daftar tersebut. Ini tentu jadi kajian yang menarik," ujar Kang Tamil

Terkait bergesernya posisi Prabowo Subianto ke Menteri Pertanian, Kang Tamil mengatakan hal itu adalah upaya pemberian panggung baru bagi bos Gerindra tersebut agar kinerjanya dapat dirasakan langsung oleh rakyat.

"Sebagai Menhan, prestasi Prabowo tidak dirasakan langsung oleh rakyat. Sehingga pemberian jabatan Menteri Pertanian ini dimaksudkan agar Prabowo dapat menciptakan prestasi yang langsung dirasakan masyarakat. Hal ini tentu terkait peningkatan citra di 2024," tutup pemilik channel Youtube KangTamil ini.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00