Ini Progres Proyek Flyover Lenteng Agung, Tanjung Barat, Cakung Dan Underpass Senen

Megapolitan  MINGGU, 23 AGUSTUS 2020 , 08:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ini Progres Proyek Flyover Lenteng Agung, Tanjung Barat, Cakung Dan Underpass Senen

Proyek Underpass Senen Ekstension/Net

Salah satu upaya mengurai kemacetan di Ibukota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gencar melakukan pembangunan flyover dan underpass.

Untuk flyover tapal kuda yang berada di Lenteng Agung, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan, pekerjaan struktur atas flyover sudah selesai dikerjakan seluruhnya.

"Saat ini sedang dikerjakan pagar flyover/parapet sebagai pengaman kendaraan dan juga penataan taman di bawah flyover termasuk di dalamnya penataan landscape agar terlihat indah dan menarik nantinya," ujar Hari lewat keterangan tertulisnya, Minggu (23/8).

Selain itu juga tersisa pekerjaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dimana pekerjaan ini masih menunggu pembebasan lahan untuk penempatan kaki JPO-nya

Selanjutnya untuk Flyover Tanjung Barat, saat ini sedang persiapan untuk pekerjaan penempatan balok jembatan yang menyeberangi rel KA.

Paralel dengan itu sedang dikerjakan pelat lantai kendaraan berbarengan dengan pekerjaan pagar fly over dan pekerjaan penataan drainase saluran.

"Juga masih tersisa pekerjaan JPO dimana sedang menunggu proses pembebasan lahan untuk penempatan kaki JPO-nya," sambung anak buah Gubernur Anies itu.

Sementara untuk Underpass Senen Ekstension Tahapan pekerjaan saat ini sedang penggalian terowongan di bawah jalan Simpang Lima Senen, dilanjutkan dengan pengecoran pelat lantai sebagai sarana bagi kendaraan untuk lewat nantinya.

"Berbarengan dengan itu juga pengerjaan JPO baik JPO didepan Pasar Senen maupun di depan Atrium. Termasuk juga pengembalian kondisi sep pek trotoar dan perapihan jalan samping underpass," jelas Hari

Selain proyek-proyek tersebut, saat ini Pemprov DKI juga sedang mengerjakan Flyover Cakung untuk menghilangkan persimpangan tak sebidang antara jalan raya dan jalan rel kereta api.

Dijelaskan, pekerjaan Flyover Cakung saat ini masih pekerjaan penempatan balok jembatan di atas kepala pier/kolom. Paralel dengan itu pelat lantai dan pagar fly over juga sedang dikerjakan

"Saat ini sedang dikerjakan juga pekerjaan yang krusial yaitu pekerjaan balok jembatan di atas rel KA dengan metode traveler cast in situ, yaitu pek yang sama metodenya dengan yang dipakai LRT di atas jalan tol dalam kota. Metode ini dipilih karena tidak mengganggu lalu lintas KA yang lewat di bawahnya," pungkas Hari.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00