Tonjolkan Kearifan Lokal, Underpass Senen Akan Dihiasi Ornamen Betawi

Megapolitan  RABU, 02 SEPTEMBER 2020 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tonjolkan Kearifan Lokal, Underpass Senen Akan Dihiasi Ornamen Betawi

Hari Nugroho (kiri)/Ist

Untuk mengurai kemacetan di Ibukota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gencar membangun flyover dan underpass.

Salah satu yang saat ini sedang dikerjakan adalah Underpass Senen Extension. Nantinya di lokasi ini akan dipercantik dengan ornamen khas Betawi.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dalam rangka mengakomodasi nilai-nilai kearifan lokal khususnya budaya Betawi di setiap infrastruktur yang dibangun.

"Kami setiap membangun atau membuat suatu infrastruktur itu pasti tetap mengakomodasi kearifan lokal, salah satu bentuknya ornamen Betawi," kata Hari, Rabu (2/9).

Ornamen lain yang merepresentasikan budaya Betawi juga akan menghiasi fasilitas pendukung lainnya seperti, halte dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di sekitarnya.

Hari merinci, Underpass Senen Extension akan menggunakan motif sopi-sopi dan pagar langkan Betawi. Kemudian rumah lift di JPO Pasar Senen depan Bioskop Senen akan menggunakan motif tumpal. Sedangkan JPO Jalan Senen Raya akan dihias dengan ornamen gigi balang.

Dia menambahkan, hal ini sebagai upaya pelestarian budaya Betawi. Selain sarat akan budaya Betawi, JPO Jalan Raya Senen juga akan dihias dengan lampu RGB yang bisa menampilkan semarak warna.

"JPO ini menambah satu lagi JPO kekinian di Jakarta, yang mencuri perhatian. Lampu-lampunya RGB seperti di Sudirman bisa seratus warna," tandas Hari.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00