Jakarta Krisis Darah, IDDS Gelar Donor Darah Dan Sumbang Ratusan Paket Beras

Megapolitan  SENIN, 14 SEPTEMBER 2020 , 18:25:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Jakarta Krisis Darah, IDDS Gelar Donor Darah Dan Sumbang Ratusan Paket Beras

Endang Surya Permana/Ist

Ikatan Donor Darah Sukarela (IDDS) yang dimotori Endang Surya Permana alias Kang Surya menggelar bakti sosial dengan membagikan 250 paket beras kepada warga yang terdampak Covid-19 di sejumlah titik di Jakarta.

IDDS merupakan komunitas pahlawan kemanusiaan yang menjadi jembatan bagi warga yang membutuhkan darah dibawah naungan PMI, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Kami juga menggelar donor darah. Dari 100 pendaftar, sebanyak 77 orang yang bisa diambil darahnya," kata Surya melalui keterangan tertulisnya, Senin (14/9).

Surya mengungkapkan, kegiatan aksi donor darah ini dilakukan dalam rangka turut mengatasi problem kekurangan stok darah di wilayah DKI Jakarta selama pandemi Covid-19 ini.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan stok darah di Jakarta rata-rata di atas 1.000 kantong darah per hari. Namun saat ini rata-rata yang terkumpul oleh PMI hanya sekitar 100 hingga 200 kantong darah akibat dampak pandemi Covid-19.

Tentu saja, ini kondisi yang mengkhawatirkan kalau dibiarkan begitu saja dan kita sebagai warga Jakarta tidak melakukan apa-apa. Kami merasa terpanggil untuk ikut serta, hadir dan peduli dalam mengatasi problem kekurangan stok darah di Jakarta ini,” ungkap Surya.

Surya menambahkan, kegiatan donor darah ini juga untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial antarwarga Jakarta di tengah pandemi.

Disamping itu, IDDS juga mendapat pembekalan tentang manfaat donor darah dari Tim UTD PMI DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mewakili Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi dan perwakilan Kesbangpol DKJ, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Camat dan Danramil Senen.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104