Terkesan Dipaksakan, DPRD Bekasi Minta SK Plt Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Dibatalkan

Politik  SENIN, 21 SEPTEMBER 2020 , 12:55:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Terkesan Dipaksakan, DPRD Bekasi Minta SK Plt Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Dibatalkan

Wakil Ketua DPRD Bekasi, Soleman/ist

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupten Bekasi meminta Bupati Bekasi membatalkan Surat Keputusan (SK) terkait pengangkatan Usep Rahman Salim sebagai Plt. Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi yang dianggap kontroversial dan melanggar peraturan yang ada.

"Penunjukan SK Plt Dirut PDAM Tirta Bhagasasi agar dibatalkan sehingga tidak menimbulkan kontroversi. Sebaiknya Pemkap menunjuk Direksi yang masih aktif dan secepatnya buat proses perekrutan dan seleksi untuk mengisi kekosongan direksi PDAM  Tirta Bhagasasi,"  kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupten Bekasi, Soleman dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (21/9).

Pihaknya menilai pengambilan keputusan penunjukan Plt Dirut PDAM Tirta Bhagasasi tersebut terindikasi melanggar peraturan yang ada. Hal itu menunjukan seakan-akan biasa bagi Pemkab Bekasi bersama-sama sama untuk tidak benar.

"Ini sebuah penyakit kronis di dalam PDAM yang jadi PR dikemudian hari,” tegasnya.

"Dalam waktu dekat ini, kita akan memanggil Dewan Pengawas dan Bidang Ekonomi untuk menjelaskan terkait surat pengambilan keputusan pengangkatan Usep Rahman Salim sebagai Plt. Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta," tambah Soleman.

Sebagai informasi, sejauh ini  Usep telah 14 tahun menjabat sebagai direksi. Periode pertama tahun 2006-2010 saat itu menjabat Direktur Umum (Dirum), periode kedua tahun 2010-2014 dengan jabatan yang sama, yakni Dirum.

Lalu, di pertengahan jabatan Dirum periode kedua, yakni tahun 2012 Usep dipilih menjadi Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi untuk periode 2012-2016, dan periode berikutnya yakni 2016-2020 dipilih kembali menjadi Dirut PDAM Tirta Bhagasasi.

"Ini menjadi keanehan, aturan hanya memperbolehkan maksimal hanya 2 periode. Kalaupun dalam PP 54 tahun 2017 Anggota direksi diangkat untuk sebagaimana dalam pasal 61 ayat (1) huruf b. Dalam hal anggota direksi memiliki keahlian khusus dan/atau prestasi yang sangat baik, dapat diangkat untuk masa jabatan yang ketiga. Namun Usep Rahman Salim sudah terhitung 4 periode, apalagi sekarang di tunjuk menjadi Plt," ungkap Soleman.

Kalau menoleh keahlian khusus dan prestasi yang sangat baik yang jadi salah satu rujukan hingga menunjuk seseorang menjadi Plt, Soleman menilai jutru di era Usep keuangan Tirta Bhagasasi diduga memiliki banyak cacat.

"Dimana prestasinya sehingga di jadikan Plt, sebab jika dilihat capai target PAD tahun 2018 sebesar Rp 12,5 milliar dan Tahun 2019 sebesar Rp 11.8 milliar, dari dua tahun kewajian atas PAD sebesar Rp 24,5 milliar. Namun baru terealisasi Rp 13 milliar, sehingga PDAM  Tirta Bhagasasi masih berhutang atas target Penerimaan PAD ke Pemda Bekasi sebesar Rp 11,5 miliar," papar Soleman.

Belum lagi, lanjutnya, Usep dinilai kurang mampu meningkatkan dan memajukan serta membuat perkembangan pada Tirta BUMD tersebut. Pelayanan dan kepuasan pelanggan masih banyak dikeluhkan. Terlebih terhadap empat kecamatan yang setiap musim kemarau, selalu kekurangan air seperti di Bojongmangu, Cibarusah, Tarumajaya dan Serang Baru.

"Untuk itu, kedepannya DPRD juga perlu mengetahui proses perekrutan dan seleksinya, sehingga bisa melihat kemampuan calon direktur utama PDAM Tirta Bhagasasi. Perusahaan BUMD yang dibiayai oleh modal APBD itu harus dipegang oleh orang yang benar-benar miliki visi dan misi bisnis," tandas Soleman.[rah]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00