Ini Dia 5 Komisioner KIP Pilihan DPRD DKI

Megapolitan  RABU, 23 SEPTEMBER 2020 , 21:18:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Ini Dia 5 Komisioner KIP Pilihan DPRD DKI

Mujiyono/Ist

DPRD DKI Jakarta resmi menetapkan lima orang komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) DKI Jakarta.

Sebelumnya Komisi A DPRD DKI Jakarta melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 15 kandidat.

Lima orang yang terpilih yakni Harry Ara Hutabarat dengan skor 15 suara, Aang Muhdi Gozali dengan skor 14 suara, selanjutnya Nelvia Gustina, Arya Sandhi Yudha, dan Harminus dengan skor masing-masing 12 suara.

Hasil keputusan akan kita sampaikan kepada pimpinan DPRD. Lalu lanjut disampaikan ke Gubernur DKI untuk diputuskan lewat SK (surat keputusan) Gubernur,” ujar Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono, Rabu (23/9).

Ia berharap nantinya anggota terpilih mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas dalam menyelesaikan perselisihan sengketa informasi publik berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Harapannya lahir SDM profesional, mampu bersinergi dengan DPRD sehingga kedepannya KIP lebih berkualitas,” harap Mujiyono.

Mujiyono menjelaskan, mekanisme yang dipakai dalam fit and proper test berupa tanya jawab dengan tujuan untuk menggali seberapa besar pengetahuan peserta akan persoalan keterbukaan informasi publik.

Terlebih dengan berakhirnya masa jabatan KIP DKI Jakarta periode 2016-2020 lalu, maka lembaga negara ini tidak boleh absen demi menyelesaikan perselisihan sengketa informasi publik.

Jangan hanya menggugurkan kewajiban, mereka harus bisa memberi kontribusi informasi yang baik. Makanya kita tanya juga visi misi pendalaman program kerja untuk kedepan,” ujar Mujiyono.

Sementara Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua juga berharap kandidat yang terpilih mampu mengemban tugas dengan baik dan manfaatnya bisa dirasakan oleh warga Ibukota Jakarta.

Mudah-mudahan hasil yang kita capai ini, orang yang terpilih bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Inggard.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00