Anies Kembali Perpanjang PSBB, Omzet Warteg Makin Kedodoran

Megapolitan  JUM'AT, 25 SEPTEMBER 2020 , 16:00:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Kembali Perpanjang PSBB, Omzet Warteg Makin Kedodoran

Ilustrasi/Net

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama dua pekan, terhitung mulai 28 September hingga 11 Oktober 2020. PSBB yang diperketat setelah sebelumnya diperlonggar awalnya diberlakukan selama dua pekan mulai 14 hingga 27 September 2020.

Perpanjangan PSBB itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 959 Tahun 2020.

Kembali diperpanjangnya PSBB tersebut sontak membuat ribuan pengusaha warung tegal alias warteg yang tergabung dalam Korda Komunitas Warung Nusantara (Kowantara) DKI Jakarta Raya makin kelimpungan.

"Efek domino PSBB luar biasa. Daya beli masyarakat menurun, penghasilan warteg menurun drastis, lengkap sudah penderitaan UMKM dan warga lainnya," kata Presidium Korda Kowantara DKI Jakarta Izzudin Zidan melalui keterangan tertulis, Jumat (25/9).

Ironisnya, kata Zidan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum juga memberi sinyal penyaluran jaring pengaman sosial dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) ataupun sembako bantuan sosial bagi UMKM warteg di DKI Jakarta.

Apabila Anies tak juga mendengarkan jeritan pengusaha warteg, Zidan mengatakan, Presedium Kowantara DKI Jakarta Raya yang terdiri dari Korwil Jakarta Timur, Korwil Jakarta Utara, Korwil Jakarta Pusat, Korwil Jakarta Selatan dan Korwil Jakarta Barat akan menggeruduk Balaikota DKI.

"Kami juga meminta Anies Baswedan makan di warteg supaya bisa memahami kondisi warteg yang mengalami penurunan penghasilan 90 persen," tegas Zidan.

Zidan kemudian mengungkit kisah Anies yang kerap makan di warteg ketika akan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

"Kami mendesak Gubernur DKI untuk mendistribusikan BLT atau bansos sembako bagi warteg di DKI Jakarta yang sudah resah karena kesusahan," pungkas Zidan.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00