Angkamologi Lima

Suara Rakyat  SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 11:26:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Angkamologi Lima

Pancasila/Net

LIMA sila pada Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dan Keadilan Sosial untuk Seluruh Rakyat Indonesia.

Meski sebenarnya lebih dari lima, namun Aristoteles menetapkan indera manusia hanya ada lima yaitu Pancaindera terdiri dari indera dengar, lihat, raba, bau dan rasa.

Sementara KBBI menambahkan satu lagi indera yaitu perasaan berdasar naluri.

Rukun Islam ada lima di samping lima waktu untuk salat.

Setiap tangan dan kaki manusia memiliki lazimnya lima jari. Lubang di kepala manusia berjumlah lima.

Panca Niyama Dhamma dalam Buddhisme adalah 1) UTU NIYAMA (Hukum Alam) 2) BIJA NIYAMA (Hukum Hayati) 3) KAMMA NIYAMA ( Hukum Perbuatan ) 4) DHAMMA NIYAMA (Hukum Ragawi) 5) CITTA NIYAMA (Hukum Batiniah).

Sementara Pancadharma terdiri dari: 1) Metta-Karuna 2) Samma ajiva 3) Santutthi 4) Sacca 5) Satisampajanna.

Panchakarma merupakan lima langkah sebagai metode detoksisasi lahir-batin dalam peradaban kesehatan India: Ayurveda.

Di Lumbini, Nepal saya sempat melihat sebuah billboard memajang Pancasila versi Buddhisme. Serat Ma Lima yang disebut juga dengan Serat Madat Madon Minum Main Maling merupakan pantangan kebudayaan Jawa.

Pandawa Lima terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa. Entah kenapa meski jumlahnya cuma dua tetapi kuku sakti Bima disebut Pancanaka.

Ketika menyambut usia ke-100 tahun, Jamu Jago menciptakan produk jamu Pancasona yang mengandung ramuan lima jenis tanaman berkhasiat Nusantara.

Gedung perkantoran terluas di dunia berbentuk segi lima disebut Pentagon sebagai markas besar pertahanan militer Amerika Serikat.

Sebenarnya secara geografis Asia, Eropa dan Afrika tidak terpisah satu dengan lain-lainnya seperti halnya Amerika Utara dengan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Yang benar-benar mandiri hanya Australia.

Sebenarnya Antartika juga merupakan benua namun nyaris tidak dihuni manusia. Maka yang dianggap sebagai benua cuma lima benua yang dihuni manusia yaitu Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Australia.

Pentatonik atau Pancanada merupakan sistem lima nada musik Asia dan Afrika yang beda dari sistem septatonik musik Barat di mana masing-masing lima nada bisa berperan sebagai tonika.

Interval lima = kuint misalnya f dan c apabila mengkerut menjadi interval tritonus f dan b bisa melebar menjadi sext kecil: e dan c atau mengecil menjadi ters besar: ges dan bes.

Dua di antara tidak banyak lagu berbirama 5 adalah Take Five dan musik tema Mission Impossible.

Beberapa representasi angka 5 berdasar 1,2,3,4,5 adalah 5=5 , 5=4+1, 5=3+2, 5=3+1+1, 5=2+2+1, 5=2+1+1+1, 5=1+1+1+1+1. 5 merupakan angka poros yang tepat berada di tengah di antara angka 1 sampai dengan 10.

Sekuenza menciut 1+10=11 / 2+9=11 / 3+8=11 / 4+7=11 dan akhirnya 5+6= 11. Semua penjumlahan bertahan pada angka 11. Sementara 1+9=10 lalu 2+8=10 lalu 3+7=10 lalu 2+8=10 akhirnya 5+5=juga 10.

Dalam Yoga tubuh manusia dipandang sebagai pentagram yang terdiri dari kepala, dua tangan dan dua kaki. Psikiatris Swiss, Elisabeth Kubler-Ross membagi duka-cita menjadi lima tahap: 1) Penolakan dan Menutup Diri, 2) Amarah 3) Kompromi 4) Depresi 5) Ikhlas Menerima.

Cicin Olimpiade berjumlah lima. Bentuk simetris lima tangan merupakan ciri satwa laut echimoderma termasuk bintang laut.

Usia manusia juga terbagi menjadi lima: balita, kanak-kanak, remaja, dewasa dan lanjut usia sebelum meninggalkan dunia fana. Meski bukan berarti manusia tidak bisa ke alam baka pada masa balita atau kanak-kanak atau remaja atau dewasa sebelum lansia.

Terdapat lima bentuk geometris yang disebut sebagai Platonik Solid yaitu bentuk tiga dimensional yang seluruh bidangnya indentikal polygonal. Platonik Solid paling popular adalah kubus disusul tetrahedron, oktahedron, ikosahedron dan dodekahedron yang bidang-bidangnya niscaya berbentuk segi lima: pentagon.

Rekreasional-matematikawan Charles Trigg yakin bahwa mustahil mengganti abjad a sampai dengan i dengan angka dari 1 sampai dengan 10 dengan mempertahankan jumlah angka yang sama pada setiap lima garis yang eksis pada pentagram.

Saya percaya saja kepada keyakinan Trigg sebab memang tidak mampu membantahnya.

Jika anda tidak percaya Trigg, silakan buktikan bahwa anda mampu mengganti abjad a sampai dengan i dengan angka dari 1 sampai dengan 10 dengan mempertahankan jumlah angka pada setiap lima garis yang eksis pada pentagram.

Selamat membuktikan, semoga berhasil![]

Penulis adalah pembelajar misteri angkamologi

Komentar Pembaca
Diberi Rapor Merah, Jokowi Mesti Evaluasi
Kartu Pupuk

Kartu Pupuk

KAMIS, 22 OKTOBER 2020

Prof Mahfud, Riwayatnya Kini

Prof Mahfud, Riwayatnya Kini

RABU, 21 OKTOBER 2020

Setahun Penuh Gaduh Dan Demo Yang Dirindukan
Pendapatan Cekak Utang Segunung, Kemana Hasil Utang Mengalir?
Giliran Bupati

Giliran Bupati

SENIN, 19 OKTOBER 2020

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00