Tepat, Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS UI

Megapolitan  MINGGU, 27 SEPTEMBER 2020 , 13:48:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tepat, Wisma Atlet Pindahkan 34 Fasilitas Ruang ICU Ke RS UI

RS Pendidikan Universitas Indonesia/Net

Sebanyak 34 fasilitas ruang ICU yang ada di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat dipindahkan ke Rumah Sakit Universitas Indonesia untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat.

Kebijakan pemindahan fasilitas ICU tersebut sudah melalui pertimbangan yang matang, mengingat kondisi pandemi di Kota Depok saat ini masuk ke zona merah, atau wilayah dengan potensi penularan Covid-19 yang cukup tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono, mengatakan, langkah tersebut sudah sangat tepat.

"ICU itu sudah benar di rumah sakit dong. Masa di Wisma Atlet. Wisma atlet kan bukan rumah sakit. Wisma kan untuk menampung orang yang tidak bergejala dan gejala ringan aja. Nggak perlu ICU," kata Pandu saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Minggu (27/9).

Menurut Pandu, penempatan fasilitas ICU di Wisma Atlet sejak awal memang tidak tepat dan kurang bermanfaat.

Sebab, pasien yang masuk ke Wisma atlet mayoritas hanya yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG). Sedangkan bagi pasien yang bergejala berat dan membutuhkan penanganan medis dilarikan ke rumah sakit.

"Jadi ICU dipindahkan itu sudah tepat. Kan rumah sakit yang akan butuh," tandas Pandu.

Sebelumnya, Koordinator RSD Wisma Atlet Mayjen TNI Tugas Ratmono menjelaskan, pihaknya telah mendapat perintah dari pemerintah pusat untuk memberikan 34 fasilitas ruang ICU dari total 39.

"Kami di sini saat ini mempunyai 39 bed ICU, tentunya 1 set terdiri dari ventilator, bed, bed set monitor, yang sesuai dengan arahan pimpinan dalam hal ini Bapak Menteri Kesehatan, sebagian dipindahkan ke RS Pendidikan di UI Depok," ujar Tugas Ratmono dalam jumpa pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9).[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00