DKI Siapkan Tiga Lokasi Tambahan Isolasi Covid-19, Ini Rinciannya

Megapolitan  SELASA, 29 SEPTEMBER 2020 , 16:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

DKI Siapkan Tiga Lokasi Tambahan Isolasi Covid-19, Ini Rinciannya

Fify Mulyani/Net

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menetapkan tiga lokasi tambahan sebaga tempat Isolasi terkendali milik Pemprov DKI Jakarta untuk penanganan Covid-19.

Ketiga lokasi tersebut adalah Pusat Pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Center) di Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara Koja, Jakarta Utara.

Kemudian Graha Wisma Taman Mini Indonesia Indah di Jalan Raya TMII, Cipayung, Jakarta Timur serta Graha Wisma Ragunan yang berada di Komplek Gor jaya raya Ragunan, Jalan Harsono, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani menyampaikan jumlah ruangan yang ada di ketiga lokasi tersebut berjumlah 166 kamar.

"Rinciannya: Jakarta Islamic Center 52 kamar, Graha wisata Ragunan 66 kamar dan Graha wisata TMII 48 kamar," kata Fify saat dikonfirmasi, Selasa (29/9).

Kendati demikian, Fify belum bisa mengungkap detail jumlah tempat tidur yang akan dipergunakan di ketiga lokasi tersebut.

"Untuk jumlah tempat tidurnya masih berproses karena jumlah Tempat tidur menyesuaikan protokol kesehatan," sambungnya.

Nantinya ketiga lokasi ini akan diperuntukkan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 dengan kriteria Orang tanpa gejala (OTG).

Saat diskusi virtual yang digelar BNPB pada Senin kemarin (28/9), Fify telah membeberkan indikator seseorang dinyatakan tidak mampu melakukan isolasi mandiri dapat dilihat dari faktor ekonomi.

"Tapi kemudian ekonomi bukan menjadi satu satunya alasan ya. Kedua adalah ketidakmampuan, karena kalau di rumah itu isinya banyak orangnya dan kemudian kamar mandi hanya satu," kata Fify.

Adapun penetapan lokasi tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor 979/2020 yang diteken Anies pada 22 September lalu.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00