Walau DKI Masih Dihantam Covid-19, Adi Kurnia Optimis Anies Mampu Tuntaskan 23 Janji Kampanye

Politik  SABTU, 17 OKTOBER 2020 , 17:55:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Walau DKI Masih Dihantam Covid-19, Adi Kurnia Optimis Anies Mampu Tuntaskan 23 Janji Kampanye

Adi Kurnia Setiadi/Net

Meskipun DKI Jakarta masih dihantam pandemi Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Ahmad Riza Patria alias Ariza diyakini tetap bisa mewujudkan 23 janji kampanye saat Pilkada DKI Tahun 2017.

Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Adi Kurnia Setiadi saat dihubungi, Sabtu (17/10).

Adi berkeyakinan Anies telah menghitung target pencapaian 23 janji kampanye tersebut hingga mampu dituntaskan pada 2022 mendatang.

"Pak Anies pasti bisa. Waktu membuat janji kampanye, Pak Anies-Sandi kan semua sudah dihitung secara matang," kata Adi.

Adi mengatakan, sederet janji Anies satu per satu mulai terealisasi.

Misalnya program rumah DP Rp 0, masalah banjir di Jakarta, program OK OCE dan janji proyek reklamasi.

"Sebagai partai pengusung, kami masih optimistis bahwa janji kampanye yang tertuang dalam RPJMD akan terlaksana dengan baik hingga masa jabatan Pak Anies usai," ujar Adi.

Sebelumnya, Anies menjelaskan 23 janji kampanye bermula dari dasar keadilan sosial yang diterjemahkan menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD) sebagai program kerja untuk diselesaikan dalam waktu satu tahun hingga lima tahun masa kepemimpinannya.

"KSD ini lalu diturunkan secara teknokratif dalam setiap program-program yang ada di DKI. Kalau kita ingat, sesudah masa pilkada menunggu sampai masa pelantikan, itu kan waktunya lima bulan lebih. Itu ada tim yang disiapkan. Lalu itu muncul menjadi dokumen untuk dibawa menjadi tugas pemerintahan," ungkap Anies.

Anies meyakini 23 janji kampanye yang sudah menjadi KSD itu akan selesai selama kurun waktu lima tahun sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anies juga mengaku memiliki daftar program yang dapat selesai dalam waktu satu hingga lima tahun mendatang.

"Lalu selama lima tahun itu ada yang bisa tuntas tahun pertama, ada yang tuntasnya tahun keempat, tahun kelima. Tapi yang paling penting kita punya matriksnya apa yang selesai kapan. Ini alhamdulillah kita jaga terus insyaallah nanti di ujung awal tahun kelima, kita akan bisa lihat secara lengkap. Insyaallah semuanya terlaksana," ujar Anies.

Anies dilantik menjadi Gubernur 16 Oktober 2017. Sejak Agustus 2018, Anies harus memimpin Jakar­ta sendirian, lantaran Sandiaga Uno maju sebagai Cawapres dan me­mutuskan mundur sebagai Wagub DKI.

Dua tahun solo karier, barulah pada 6 April lalu, Anies mendapatkan wakil. Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria resmi dilantik sebagai Wagub DKI.

Lantas apa yang sudah ditorehkan Anies? Ada enam program yang diklaim sebagai prestasi Anies. Pertama, peningkatan pengguna transportasi umum. Rute TransJakarta dari 109 pada 2017 bertambah jadi 220 rute di tahun 2019.

Jumlah bus juga bertambah dari 2.380 pada 2017 menjadi 3.548 unit pada 2019. Selain itu, moda transportasi di Jakarta menjadi semakin terintegrasi melalui program Jak Lingko, yang tersambung dengan MRT dan LRT.

Kedua, penyediaan rumah DP 0 rupiah. Anies mengaku telah menyediakan hunian layak dengan harga terjangkau.

Ketiga, penggratisan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Keempat, di bidang kebudayaan.

Kelima, revitalisasi trotoar. Anies telah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 km selama dua tahun menjabat. Pembangunan itu disebut akan memanjakan pejalan kaki.

Keenam, Anies mengklaim telah menunaikan janjinya menstop reklamasi yang digarap para naga”.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00