Anies-DPRD Tak Harmonis, Pengamat UIN: Imbas Ahok Kalah Pilkada

Megapolitan  MINGGU, 18 OKTOBER 2020 , 09:01:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies-DPRD Tak Harmonis, Pengamat UIN: Imbas Ahok Kalah Pilkada

Anies Baswedan/Ist

Imbas perseteruan Pilkada 2017 yang tidak selesai menyebabka hubungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan DPRD tak harmonis.

Demikian disampaikan pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno saat dihubungi, Sabtu (18/10).

Mayoritas anggota dewan anti terhadap Anies lantaran memang tak mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI 2017.

Diketahui pada Pilkada 2017, sejumlah parpol yang dimotori PDIP mati-matian memenangkan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat.

"Makanya begitu banyak kebijakan Anies yang kemudian diprotes, dikomplain, di-bully, dan seterusnya. Ini adalah efek dari konflik politik yang tidak berkesudahan," kata Adi.

Karena itulah, kebijakan politik Anies berpotensi kerap berseberangan dengan partai oposisi. Adapun Anies hanya didukung dua partai, yaitu Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, Adi menilai, justru rakyat yang bakal dirugikan. Musababnya, pembuatan kebijakan yang memerlukan persetujuan DPRD bisa-bisa mandek. Implementasi kebijakan berkaitan dengan kepentingan publik bakal tidak terealisasi sesuai rencana.

"Artinya, Anies secara politik tersandera oleh DPRD, karena dia tidak bisa main sendiri. Karena segala hal yang terkait dengan Jakarta, dia harus komunikasikan dengan DPRD yang mayoritas tidak mendukung dirinya," ujar Adi.

Sebelumnya, Fraksi Partai Golkar DPRD DKI menanggap tidak ada harmonisasi kelembagaan yang baik antara eksekutif dan legislatif Jakarta.

Padahal, Ketua Fraksi Basri Baco menilai, kedua lembaga ini harus akur dan sejalan, sehingga rakyat terurus dengan baik. Untuk itu, Basri berujar, perlunya harmonisasi komunikasi politik Anies dengan DPRD.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00