Puan: Bansos Kemensos Telah Bantu Warga Di Masa Pandemi

Politik  MINGGU, 18 OKTOBER 2020 , 10:15:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Puan: Bansos Kemensos Telah Bantu Warga Di Masa Pandemi

Ketua DPR Puan Maharani bersama Mensos Juliari P Batubara di Bali/Ist

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, pemberian bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) menjadi salah satu upaya pemerintah dalam membantu warga dapat bertahan di masa pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Puan saat meninjau penyaluran bantuan sosial di Provinsi Bali yang didampingi Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pekan ini.

Bali adalah salah satu tempat yang sangat terdampak secara pariwisata. Karena penduduknya rata-rata bekerja dan menggantungkan pendapatan harian dari sektor pariwisata.

Karena itu, perhatian pemerintah, perhatian DPR RI, salah satunya bagaimana agar dampak pandemi terhadap sektor pariwisata ini tidak berkelanjutan. Salah satunya dengan memberi bansos yang bapak-ibu terima sekarang,” kata Puan.

Dalam kunjungan, rombongan meninjau langsung proses pencairan bantuan sosial di dua lokasi yaitu Desa Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, dan di e-Warong KUBE, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

Puan juga mengatakan kehadirannya dalam penyaluran bantuan sosial itu adalah dalam rangka pengawasan legislatif atas program perlindungan sosial yang telah diberikan pemerintah.

"Bantuan pemerintah ini kami pastikan diberikan langsung kepada warga tidak mampu untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Kami harap bantuan ini dapat dipergunakan untuk hal-hal bermanfaat," ungkap Puan.

Dalam menyelenggarakan tugas perlindungan sosial, anggaran Kemensos mengalami peningkatan dari pagu Rp62, 7 triliun meningkat menjadi Rp104, 4 triliun, kemudian Rp124 triliun dan saat ini Rp134,008 triliun.

Sejalan dengan meningkatnya anggaran, realisasi anggaran juga meningkat. Realisasi anggaran per 14 Oktober mencapai 82,18%

Selanjutnya, Menteri Sosial RI didampingi Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto beserta rombongan, menyalurkan secara langsung program Bantuan Sosial Beras ke rumah salah satu KPM PKH yang tinggal di wilayah Kecamatan Abiansemal.

Ni Ketut Reki (70) seorang lansia dan janda yang memiliki seorang anak penyandang disabilitas berat, Wayan Yasa Catur (45), tak luput dari kunjungan Menteri Sosial RI.

Bersyukur sekali mendapat bantuan Kemensos untuk kebutuhan sehari-hari. Keseharian mengandalkan bantuan saudara, kerabat. Dengan adanya bantuan BSB merasa sangat terbantu, berasnya layak, bisa dimakan untuk makan sehari-hari,” kata Wayan Yasa Catur, yang dibantu disampaikan melalui pendamping PKH.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00