Bupati Kolaka Tuntut Kepala BNNK Berantas Narkoba Di Kalangan Pegawai Pemerintahan

Hukum  MINGGU, 18 OKTOBER 2020 , 12:19:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Bupati Kolaka Tuntut Kepala BNNK Berantas Narkoba Di Kalangan Pegawai Pemerintahan

Bentonius Silitonga dan Ahmad Safei/Ist

Kepala BNNK Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara Bentonius Silitonga langsung tancap gas mewujudkan janjinya yaitu membangun dan memperkuat sinergitas kelembagaan dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Dalam pertemuan di Kantor Bupati Kolaka, Bentonius Silitonga menyampaikan visi misi BNN kepada Bupati Ahmad Safei untuk melindungi dan menyelamatkan masyarakat Kabupaten Kolaka dari kejahatan narkotika.

"Bupati Kolaka meminta BNNK untuk tidak segan-segan menindak keterlibatan oknum pemerintah maupun aparat desa dalam peredaran gelap narkoba," kata Bentonius melalui keterangan tertulis, Minggu (18/10).

Masih kata Bentonius, Bupati Kolaka juga meminta kasus keterlibatan oknum aparat desa yang belum lama ini terungkap tak berhenti begitu saja.

"Begitu juga di rutan. Disinyalir oknum penegak hukum yang baru saja bebas akan tetapi masuk kembali ke rutan dalam kasus yang sama yaitu peredaran gelap narkotika," ujar Bentonius.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kolaka menyampaikan Kabupaten Kolaka secara perekonomian semakin berkembang, sehingga daerah ini menjadi pintu masuk dan tempat transit barang haram tersebut.

Hal ini didukung juga dengan banyaknya pelabuhan kapal cepat, adanya Bandar Udara, dan jalur-jalur tikus.

"Mungkin sebagian besar barang tersebut telah disebar di wilayah Kolaka hingga ke desa-desa. Desa menjadi lokasi yang paling aman untuk menyalahgunakan dan mengedarkan narkotika, mengapa? Karena desa jarang atau sulit dimonitor oleh aparat penegak hukum (APH)," kata Ahmad Safei.

Bupati Kolaka mengaku sangat miris melihat permasalahan narkotika di Kolaka saat ini yang sudah sangat kronis. Karena anak-anak dan remaja sudah banyak menjadi korban penyalahgunaan narkoba.

Bupati Kolaka berkomitmen ke depan pihaknya dan BNNK Kolaka akan lebih sinergi memberantas narkoba.

"Baru saja saya menandatangani Tim Terpadu sebagaimana amanah dari Permendagri No.12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN. Selain itu, Peraturan Daerah tentang P4GN sebagaimana amanah Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 sudah dibuat dan sebentar lagi akan difinalkan dan segera ditandatangani," tutup Ahmad Safei.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00