Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah Atasi Pandemi Masih Cukup Tinggi

Politik  MINGGU, 18 OKTOBER 2020 , 18:50:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah Atasi Pandemi Masih Cukup Tinggi

Burhanuddin Muhtadi/Net

Kepuasan publik terhadap langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 konsisten menunjukkan peningkatan.

Demikian hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia terkait mitigasi dampak Covid-19 terhadap tarik-menarik Kepentingan Ekonomi Dan Kesehatan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden dalam mengatasi pandemi masih cukup tinggi dan relatif stabil.

"Kepercayaan publik terhadap lembaga negara dalam dua bulan terakhir tampak tidak banyak berubah, perubahan yang lebih besar terhadap Presiden, meningkat dari 79.1 persen pada temuan sebelumnya, menjadi sekitar 85.8 persen," kata Burhan dalam paparannya yang disiarkan secara daring, Minggu (18/10).

Mayoritas publik juga yakin TNI dan Polri mampu menjaga keamanan selama masa pandemi, sekitar 65.7 persen merasa cukup yakin, dan 24.5 persen merasa sangat yakin.

"Sementara terhadap Menteri Kesehatan juga cenderung meningkat dibanding temuan sebelumnya," sambung Burhan.

Publik juga menilai penyebaran Covid-19 di Indonesia cukup terkendali. Meski begitu, ada sekitar 51.5 persen publik yang menyoroti bahwa selama pandemi tingkat kejahatan justru semakin meningkat.

Untuk diketahui, survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada periode 24 hingga 30 September 2020. Sebanyak 1200 responden dipilih secara acak.

Adapun metode survei yang digunakan yakni dengan metode simple random sampling dengan memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Mengingat kondisi sedang pandemi maka survei dilakukan menggunakan kontak telpon kepada responden. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00